Beranda > Fun > Solving Rubik’s Cube (Menyelesaikan Kubus Rubik)

Solving Rubik’s Cube (Menyelesaikan Kubus Rubik)


This Article explain how to solve simple rubik’s cube 3x3x3

Artikel ini menjelaskan cara penyelesaian kubus rubik 3x3x3 (tidak bergambar)

Notasi:

F = Memutar sisi depan sebanyak 90o searah jarum jam

R = Memutar sisi kanan sebanyak 90o searah jarum jam

L = Memutar sisi kiri sebanyak 90o searah jarum jam

U = Memutar sisi atas sebanyak 90o searah jarum jam

D = Memutar sisi bawah sebanyak 90o searah jarum jam

B = Memutar sisi belakang sebanyak 90o searah jarum jam

Tanda i menunujukkan kalau arah pemutarannya adalah 90o berlawanan dengan arah jarum jam

Langkah penyelesaian:
1. Tahap pertama adalah tahap penyelesaian lapisan terbawah, sampai terbentuk pola seperti pada gambar di bawah

2. Tahap kedua adalah tahap penyelesaian lapisan tengah
a. Pola pertama: U-R-Ui-Ri-Ui-Fi-U-F

b. Pola kedua: Ui-Li-U-L-U-F-Ui-Fi

Apabila tahap kedua telah selesai, maka akan menjadi seperti di bawah ini

3. Tahap ketiga adalah membentuk cross pada lapisan teratas.
Rumus membentuk cross ada 2:
a. F-U-R-Ui-Ri-Fi

b. F-R-U-Ri-Ui-Fi

Perhatikan pola pergerakkan-nya, rumus di atas :

Pakai salah satu rumus dan diulang sampai terbentuk cross.

4. Tahap ke empat adalah tahap memutar “corner pieces”.
a. Pola 1: Ri-Ui-R-Ui-Ri-U-U-R-U-U

b. Pola 2: R-U-Ri-U-R-Ui-Ui-Ri-Ui-Ui

Hasil dari tahap ini adalah seluruh bagian atas memiliki warna yang sama, tetapi belum pada posisi yang benar

5. Tahap kelima adalah tahap mengatur posisi “corner pieces” (biji sudut)
Pola: Ri-F-Ri-B-B-R-Fi-Ri-B-B-R-R-Ui

Hasil akhir tahap ini adalah semua biji pada sudut telah pada posisi yang benar, hanya tersisa biji tepi (edge pieces) saja yang belum pada posisi yang benar

6. Tahap terakhir adalah memposisikan biji tepi
a. Pola 1: F-F-U-L-Ri-F-F-Li-R-U-F-F

b. Pola 2: F-F-Ui-L-Ri-F-F-Li-R-Ui-F-F

Hasil akhirnya adalah….

Kalau sudah terampil, silahkan coba kubus bergambar, kubus 4x4x4 dan kubus tingkat mahir lainnya…

About these ads
Kategori:Fun
  1. November 12, 2009 pukul 7:07 pm

    AJARIN MAIN RUBIK DONK!
    UDH LMA Q BLJR MAEN RUBIK TPI GAK JDI2.
    AJARIN YANG PALING MDH YAAAAA……

    • dyah
      Desember 22, 2009 pukul 9:39 pm

      sumpah susah banget kepala gw sampe ancur

  2. alfi
    Desember 12, 2009 pukul 2:34 pm

    sip… mksih
    u pling jtu dah,,

  3. krisna syahputra
    Desember 14, 2009 pukul 1:57 pm

    tulis lagi yg lain, cara yg lebih mudah di pahami/cara yg lebih cepat….
    thx’s…

  4. yyan'cc
    Desember 20, 2009 pukul 4:52 pm

    kalo bisa kasi videonya dong . . . . . . . . . .

  5. agus
    Desember 23, 2009 pukul 6:49 pm

    Tks sy akan coba rumusnya

  6. arif rahman hakim
    Desember 27, 2009 pukul 1:35 pm

    ternyata gampang

  7. zzzzzzzzz
    Januari 2, 2010 pukul 12:37 pm

    ui-ri-li.apaan sih gakada petunjuknya???????

  8. yosua
    Januari 31, 2010 pukul 3:43 pm

    kalo “i” maksudnya apa ya?

  9. YUDHA
    Februari 22, 2010 pukul 8:20 pm

    ajarin main rubik yg mirror donk!
    q beli rubik ini tapi gak isa slsi2
    tolong ajarin q ya

  10. diva
    Maret 10, 2010 pukul 9:32 pm

    waduh,tenyata gampang bgt

  11. Maret 11, 2010 pukul 7:43 pm

    kalo “UI-RI-LI-FI” itu apa sih,,,,,
    tolong siapa aja yang tau balas,,,,,,

  12. fenny
    April 17, 2010 pukul 12:41 am

    yg ad ‘i’ na itu arti na hrus brlawanan arah..
    misalna ‘Ui’ itu arti na arah U yg td na k’kiri jd k’kanan..
    dan bgitu jg yg lain na..
    ngertikan??

  13. April 27, 2010 pukul 6:46 pm

    makasih rumus nya

  14. eris
    April 29, 2010 pukul 11:56 am

    do’a in biar bisa,,,, gw cba d rmah

  15. April 29, 2010 pukul 8:11 pm

    mau bantu aja,
    U itu artinya putar bagian atas searah jarum jam
    Ui artinya putar bagian atas berlawanan arah jarum jam

  16. Bryan
    April 30, 2010 pukul 12:19 pm

    UI adalah :4
    RI adalah :3
    LI adalah :kebalikan dari L
    FI adalah :balik siap

  17. rafiqa
    Mei 1, 2010 pukul 9:15 pm

    tau cara yelesain rubuk pyramid / segitiga g yaa?

  18. gaga
    Mei 22, 2010 pukul 4:59 pm

    wah,aku gk bisa
    tolongin dunk

  19. Mei 26, 2010 pukul 10:06 am

    Yg ga tau Ui Ri dsb, silahkan dibaca secara lengkap. jgn sepotong2…. ada kok penjelasannya di atas….
    dasar!

  20. VJ
    Mei 26, 2010 pukul 8:44 pm

    gue udah utak atik masi belum mau…
    gampang2 susah…
    kalo satu warna aja sih bisa… tapi klo semuaa???!!!
    Aaaaarrrrgggghh….
    Tolong yang lebih rinci donk! Masalh yang kaya apa aja yg dihadapi kubus rubik 3×3 … he8
    (kalo ga salah mungkin ada 54 jenis warna terbongkar).. ;p
    Gue sih suka nih game, tapi kadang bikin puyeng… :'(

  21. cornelius
    Oktober 6, 2010 pukul 8:16 am

    mas yohan natali makasih rumusnya,gw udah berhasil menyelesaikan rubik cube dalam waktu kurang dari 10 menit.
    menurut gw ini tutorial rubik cube paling mudah dibanding yang lain.
    thanx so much (^_^)

  22. irvan
    Januari 6, 2011 pukul 8:25 am

    ksh tau donk apa arti dari f-ui dll…….

  23. April 27, 2011 pukul 2:57 pm

    mna yg rmus cpat>>???

  24. jamal
    Oktober 7, 2011 pukul 2:36 pm

    hy aq bisa maen 1 menit lebih lah

  25. Oktober 27, 2011 pukul 6:59 pm

    wah mantap nih bang, izin dipelajari bang. thanks

  26. dheenbe
    Agustus 21, 2012 pukul 3:35 pm

    mubeng pala , pala gua yg jadi muter” malah … :(

  27. Elzaensei
    Agustus 21, 2012 pukul 8:21 pm

    kan masih ada rumus yg lain bang…
    kasih tau rumus yg lain laa…
    aq dc lupa rumus yg satunya….

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: