Beranda > Engineering > Mendirikan Perseroan Terbatas (PT)

Mendirikan Perseroan Terbatas (PT)


Pengalaman dari seorang kaskuser yang mau membuat PT untuk sebuah perusahaan konstruksi

Emang bener gw awalnya rencananya mau buat cv bukan PT..
Tapi setelah nanya ama beberapa sesepuh dan baca2 Gw pikir lebih baik buat PT aja langsung… Alasannya karena Gapensi dan lpjk menginstrusikan untuk pekerjaan konstruksi agar dikerjakan oleh perusahaan yang sudah berbadan hukum… bukan apa2 bro masalahnya agar kita pribadi atau pemilik nantinya ga keseret2 seandainya ada masalah.. jadi ga campur aduk antara pribadi dan perusahaan…. dan kayanya emang lebih meyakinkan klo kita pake PT untuk mencari proyek2 konstruksi..

Emang pusing dan hampir putus asa untuk membangun PT ini… Gw mau share pengalaman gw ini…
1. Pertama gw mikir nama yang keren bin mantab pertamanya sih PT KATARA SAKTI

2. trus cari notaris buat akte… (ktp pendiri ama duit 7jtan) jadinya sebulanan.. Tapi untuk awal2nya lo udah dikasih akte pendirian ( blm berbadan hukum) untuk ngurus2 yg lainnya sambil nunggu akte yang berbadan hukum disahkan pengadilan n menteri.

3. Agar aktenya bisa disahkan ama notaris gw perlu beri bukti setoran modal dasar min 50jt

4. Untuk setoran modal dasar harus buka rekening dibank atas nama PT itu… hanya bisa rekening giro syarat buat rekening atas nama perusahaan… NPWP perusahaan, Akte pendirian sama ktp pendiri,
( ini yg sempet buat spaneng…. untuk pengesahan akte oleh menteri dan pengadilan perlu setoran modal dasar… sementara untuk setor modal dasar perlu buka rekening giro perusahaan dan harus ada akte yg TELAH disahkan oleh menteri dan pengadilan.. nah loh.. akhirnya gw pake surat keterangan dari notaris tujuan buat rekening giro itu…)

5.buat Npwp pribadi syarat ktp ama keterangan domisili.. gampang sehari jadi…
Untuk Npwp perusahaan syarat akte pendirian yg tadi sama ktp pendiri perusahaan
( gw 2x buat npwp perusahaan Yang pertama ini ga pake syarat cuma akte pendirian ama ktp pendiri n surat domisili.. nah karena npwp yang awal alamatnya salah… gw pindah alamat.. akhirnya ngulang lagi.. dan ternyata sekarang perlu SPT PBB tempat domisili kantor gw..
kata bapaknya yang kurus dan berkumis itu
” maaf pak ini kebijakan baru hasil rapat 2 hari yg lalu”.. duh. . .

Akhirnya gw yang bener2 buta masalah pajak mencari2lah apa itu SPT PBB….

guess what… ternyata tanah yang mau gw pake tempat kantor itu belum bayar pbb dari 4 tahun yang lalu… mau ga mau urus yg namanya SPPT PBB…

Ternyata Gw harus ganti nama PT gw… dari hasil itung2an numerologi dan tirakat 5hari 5malam serta mandi kembang gw ngerasa kayanya ga bagus…
Akhirnya berubahlah namanya dari pt katara sakti menjadi PT KATARA RAYA…
jadi sebenarnya gw 3x ganti npwp perusahaan.. huehehe….

Ganti akte lagilah gw… bayar ulang uang pendaftaran ama notaris 385rb
hiks…

Anggap lah akte dah jadi … NPWP dah jadi…. sekarang gw masih harus cari yang namanya
SIUJK Surat Ijin Usaha Jasa Konstruksi
SIUJK ini perlu SITU (Surat Ijin Tempat Usaha)/ HO
SITU perlu IMB
IMB perlu SPT PBB
SIUJK juga perlu Akte pendirian, KTP pendiri, KTP dewan Direksi, SKA dan SKT
SKA ( baru buat ama om… jadi gw ikut asosiasi penyedia jasa konstruksi ngurusnya disitu bayar 1jtan.. nah karena gw tamat kurang lebih baru 1,5tahunan belum nyampe 2 tahun gw hanya bisa dapet SKA pemula yg masa berlakunya hanya satu tahun tembusannya kelpjk)
Surat keterangan dari lpjk
Perlu juga SBU
dan masih ada beberapa lagi
Kecuali SKA dan SKT semua ini formulirnya didapat dan disahkan didinas perijinan.

Buset dah surat2 yang ga jelas…. n sebenarnya gw masih mentok di SPT PBB huahahaha…

doain gw yah sodara2ku tercinta…

sebenarnya gampang aja sih tinggal suruh penyedia jasa yang bisa bantu buat akte npwp siup siujk situ imb dsb dsb itu… tapi biayanya pasti akan berlipat2…….
gw rasa lebih baik buat modal dasar
dan ini proses pembelajaran dan pendewasaan buat gw..

Saran dari gw yang mau buat PT yg bergerak dibidang penyediaan jasa konstruksi
baca buku tentang undang2 perseroan terbatas bila perlu hapalin titik komanya… hee…
yang kedua tentang manajemen konstruksi…. tentang struktur organisasi n penempatan dewan direksi..
analisis struktur ama kalkulus ntaran aja dulu…. semangat dan mohon sama Yang Diatas… karena cobaan dan godaan untuk stuck bakal sangat beraddddddd…

Jangan takut peluang kerja banyak apalagi pilihan naiknya harga BBM agar pemerintah punya dana untuk membiayai proyek pembangunan2.. Jdi proyek tetep banyak bro.. hanya gw ikut berduka cita ama yang salah buat RAP sebelum kenaikan bbm ini.. keep survive…

kemarin gw ke aceh proyek gila2an disana… gw liat di PU paling kecil 1milyar.
Civil ga ada matinya deh

Mohon maap kepanjangan…

c2k3sakti

Kategori:Engineering
  1. THE PARTIKELIR
    Juni 18, 2008 pukul 12:09 pm

    “…dan pengadilan.. nah loh..”
    baru denger “pake pengadilan” segala?? ^_^ Modal Setor (ditempatkan) minimal 12,5 jeti (25% dari Modal Dasar). btw, selamat atas “kelahiran” PT dimaksud. Salam,

  2. Juni 19, 2008 pukul 8:58 pm

    bukan PT saya bos…
    Ini sharing saja pengalaman seorang kaskuser..

  3. THE PARTIKELIR
    Juni 20, 2008 pukul 4:59 pm

    okay.😀 sekedar informasi untuk s’mua, “MODAL DASAR” sebesar [minimal] 50 jeti sifatnya tidak mutlak, melainkan dapat 25% dari MODAL DASAR. Artinya, masih ada “Saham dalam simpanan/yang belum dikeluarkan oleh Perseroan.”
    -selamat “menulis.”😆
    THE PARTIKELIR,
    http://notaris.wordpress.com

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: