Beranda > Economics, Microeconomics > Perilaku Konsumen

Perilaku Konsumen


Mempelajari fungsi permintaan (demand function) dari sisi perilaku konsumen.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Demand function:

yaitu sebuah fungsi yang menggambarkan quantity barang yang diminta dengan harganya (Px dan Qx), berbagai-bagai Pdx pada berbagai-bagai Pdx

 

Qdx = f(PXi)

 

PX1 = harga barang

PX2 = harga barang lainnya yang sifatnya komplementer

PX3 = harga barang lainnya yang sifatnya subtitusi

PX4 = budget

PX5 = ε (epsilon, artinya faktor lain-lain)

 

Sifat permintaan masyarakat:

(1) Mengapa seseorang meminta barang?

Karena bisa mempunyai kapasitas untuk memuaskan dirinya.

(2) Kapan puas?

Sampai titik tertentu, dalam notasi kepuasan dilambangkan U = Utility (nilai guna)

 

Pendekatan ini disebut teori consumer behavior / utility approach to demand

Pendekatan untuk mempelajari Fungsi Permintaan

 

(1) Utility Approach

a. Cardinal Approach (nilai guna di-kuantifikasi), tidak realitas karena unmeasureable

b. Ordinal Approach (nilai guna tidak dikuantifikasi)

(2) Empirical Approach (Paul Samuelson, Foundation of Economic Analysis)

Sifatnya Mathematical (mengacu pada Marie Esprit Léon Walras (1834-1910))

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: