Beranda > Computers > Windows 7

Windows 7


Bill Gates Sesumbar, Penerus Vista Tahun Depan

 

http://tekno.kompas.com/read/xml/2008/04/08/10515541/bill.gates.sesumbar.penerus.vista.tahun.depan

 


Jeff J Mitchell/Getty Images

Bill Gates

Selasa, 8 April 2008 | 10:51 WIB

JAKARTA, SELASA – Dengan optimistis Bill Gates sesumbar dengan menyatakan bahwa Windows 7 sebagai penerus Windows Vista bisa saja dirilis tahun depan. Hal tersebut sempat diungkapkanya saat menjawab pertanyaan salah satu peserta pertemuan Inter-American Development Bank di Miami, Florida, Senin (7/4).

“Mungkin tahun depan atau lebih untuk memiliki versi baru,” ujarnya menginggung target peluncuran sistem operasi Windows 7. Ia mengatakan keinginnanya untuk segera melihat apa yang dapat dilakukan software tersebut. Meski demikian, Gates tidak menjelaskan perubahan atau tambahan fitur apa saja yang akan ditonjolkan nantinya.

Microsoft saat ini telah memulai program untuk pengembang dalam proyek Windows 7. Bahkan, sudah dilaporkan adanya versi test pertama yang biasa disebut Milestone 1. Uji coba ini dilaporkan sedang diuji coba pada beberapa pelanggan-pelangan besar Microsoft.

Namun, isyarat yang dinyatakan Gates segera dibantah jurubicara Microsoft usai cara tersebut. Jurubicara Microsoft mengatakan yang dimaksud Gates adalah versi pra-rilis dan bukan versi akhirnya. Windows 7 ditargetkan baru akan dirilis tahun 2010 atau 3 tahun sejak Windows Vista dirilis ke pasar.

Target tiga tahun cukup realistis karena sesuai prediksi sejumlah analis industri. Dari pengalaman selama ini, Windows XP dan Vista, saja butuh waktu setahu dari versi final hingga dirilis ke konsumen.(BBC/WAH)

WAH

 

Bill Gates Buka Mulut tentang Windows 7

 

http://tekno.kompas.com/read/xml/2008/05/29/08172466/bill.gates.buka.mulut.tentang.windows.7

 

 

Kamis, 29 Mei 2008 | 08:17 WIB

 
 

 

JAKARTA, KAMIS – Dalam ajang Windows Digital Lifestyle Consortium di Tokyo, Bill Gates akhirnya buka mulut tentang fitur baru pada Windows 7. Seperti kita tahu, Windows 7 adalah nama kode dari sistem operasi mendatang Microsoft.

“Kami sedang bekerja keras,” kata Bill. Ia menekankan, versi Windows 7 nanti akan lebih hemat daya, lebih hemat memori, lebih efisien, dan punya lebih banyak koneksi ke ponsel. 

Yang menarik adalah teknologi multi-touch yang diperlihatkan saat itu. Sebuah aplikasi baru, Touchable Paint, dimunculkan di layar. Lalu dengan menggunakan ke-10 jarinya, si pendemo menggambar sebuah pohon. Berikutnya, ia memunculkan galeri foto untuk menunjukkan betapa mudah dan cepatnya memanipulasi foto. Zoom dengan dua jari, berpindah-pindah di sebuah slideshow, dan melakukan panning satu jari melalui thumbnail.

Pada aplikasi peta, data bisa dipanggil dari Windows Live Local dan Microsoft Virtual Earth. Aplikasi ini menawarkan pandangan ‘jalan’ dan ‘aerial”. Pencarian lebih detail bisa saja dilakukan untuk menunjukkan arah jalan.

 Apa yang didemokan terlihat memikat. Namun satu pertanyaan yang tetap menggantung. Kapan ya Windows 7 ini meluncur? Apakah tahun 2009 seperti pernah diprediksikan? Atau lebih cepat dari itu?

 

SP2 Vista dengan Dukungan Rekam Blu-Ray

 

http://tekno.kompas.com/read/xml/2008/10/27/10221162/sp2.vista.dengan.dukungan.rekam.blu-ray

 


MICROSOFT

Senin, 27 Oktober 2008 | 10:22 WIB

REDMOND, SENIN – Minggu ini Microsoft sedang sibuk-sibuknya. Pertama, sibuk mempersiapkan Windows 7, yang disebutkan akan meluncur pada kuartal tiga tahun 2009.

Kesibukan lain menyangkut Windows Vista, tepatnya Service Pack (SP) 2. Fitur baru pada SP2 antara lain adalah kemampuan rekam Blu-ray, dukungan Bluetooth 2.1, juga Windows Search 4.0. Konfigurasi Wi-Fi yang lebih mudah juga disertakan, bersama dengan aktivasi sistem file exFAT untuk mendukung cap waktu UTC dan “sinkronisasi file yang benar di seluruh zona waktu.”

Menurut Mike Nash (Corporate Vice President for Windows Product Management), software tersebut tersedia pada 29 Oktober mendatang bagi para vendor hardware. Selain untuk Vista, SP ini juga berlaku untuk Windows Server 2008. Sayang Nash tidak menyebutkan apakah Vista SP 2 juga akan mendukung playback media Blu-ray pada Windows Media Player.

WIEK

 

Menanti Windows 7

 

http://tekno.kompas.com/read/xml/2008/10/29/1328516/Menanti.Windows.7.

 

 


Rabu, 29 Oktober 2008 | 13:28 WIB

JAKARTA, RABU – Kapan ya Windows 7 yang menggantikan Vista itu hadir? Apakah akan sesuai jadwal (seperti kita ketahui, Microsoft jarang sekali menghadirkan sistem operasinya tepat pada jadwal yang dijanjikannya)? Mungkin.

Saat ini rilis pra-beta dari Windows 7 sudah diserahkan Microsoft kepada komunitas developer. “Kami memberikan Web terbaik ke Windows, dan Windows terbaik ke Web,” kata Ray Ozzie, pemimpin arsitek software Microsoft. “Dari PC ke Web ke telepon, dan dari server ke cloud, kami berfokus pada memungkinkan penciptaan generasi berikutnya dari pengalaman pengguna yang mengubah cara hidup, kerja, dan main kita.”

Apa sih maksudnya? Pertama – kendati secara visual mirip Vista – Windows 7 disebut-sebut sebagai lebih efisien, bekerja lebih cepat pad sistem dengan daya lebih rendah (bahkan netbook dengan prosesor Intel Atom dan RAM 1GB). Waktu booting-nya dipangkas karena sistem operasi ini hanya memanggil yang benar-benar diperlukan pengguna. Bluetooth misalnya, tidak akan dipanggil jika Anda tidak benar-benar membutuhkannya.

Untuk urusan kompatibiltas, Microsoft yakin bahwa apa pun yang bekerja pada Windows Vista juga akan bekerja pada Windows 7. Codec yang lebih beragam pun, termasuk DivX, Xvid dan AAC, akan didukung. Sementara itu struktur menu pita (ribbon) yang digunakan pada Office 2007 akan menjadi layout de facto untuk semua program Windows 7.

Manfaat lainnya adalah pemberitahuan (alert) pengguna, termasuk opsi untuk memilih pemberitahuan yang diterima, Jump List yang mengelompokkan program-program yang paling umum dipakai dan tugas-tugas yang paling sering dilakukan, aplikasi, servis dan device yang lebih menyatu, dan dukungan Wi-Fi dan 3G yang terintegrasi. Tentu saja fungsionalitas layar sentuh Windows 7 juga akan hadir, lengkap dengan kendali gerakan (gesture control) bagi mesin-mesin yang memang dilengkapi dengan kemampuan tersebut.

Ringkasnya, Windows 7 adalah Vista yang lebih baik, yang mungkin bisa membuat para pengguna loyal XP akhirnya meng-upgrade sistem operasinya. Kita tunggu realisasinya di awal tahun 2010…

WIEK


 

Kategori:Computers
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: