Beranda > Finance, Management > Hati-Hati Berinvestasi pada Futures

Hati-Hati Berinvestasi pada Futures


Hati-hati dalam melakukan investasi, terutama investasi Futures (menurut saya, futures bukan lagi investasi melainkan trading, judul ini tepatnya adalah hati-hati trading dengan futures), karena investasi ini berisiko tinggi, banyak pengalaman pahit teman-teman saya sehubungan dengan investasi Futures.

Futures mirip dengan forward (perjanjian/kontrak utk membeli sebuah asset di masa yang akan datang dengan harga yang disepakati) tetapi ada beberapa fitur yang diformalisasi dan karakteristik yang distandarisasi. Beberapa perbedaan-nya

  • Secondary trading – liquidity
  • Marked to market
  • Standardized contract units
  • Clearinghouse warrants performance

Harga futures ditentukan berdasarkan persetujuan pada saat jatuh tempo

Long position -> setuju utk membeli

Short position -> setuju utk menjual

Profit yang didapat pada jatuh tempo

  • Long -> Spot – harga futures asli
  • Short -> Harga asli futures – spot
  • Profit pada Pembeli Futures (Bodie)

  • Profit pada Penjual Futures (Bodie)

Strategi Trading pada Futures

  • Spekulasi
    • Short apabila percaya bahwa harga akan turun
    • Long apabila percaya bahwa harga akan naik
  • Hedging
    • Long Hedge untuk melindungi terhadap kenaikan harga
    • Short Hedge untuk melindungi terhadap penurunan harga

Basis adalah perbedaan antara harga futures dan harga, seiring dengan waktu, basis akan berubah dan semakin konvergen

Basis Risk adalah variasi pada basis yang mengakibatkan performance profit dan atau hedging

(masih berlanjut)

Lampiran:

Berikut ini diambil dari Forum Kaskus:
[spoiler]

BUAT PARA KORBAN INVESTASI FUTURES: actually there’s something that we can do to fight them.

Pada umumnya MAYORITAS TRADER/MARKETING FUTURES (non newbie) tahu dengan baik bahwa “investasi futures” ini beresiko tinggi, dan sebelum mereka menawarkan investasi ini ke anda sebagian besar dari mereka pernah mengalami kerugian yg signifikan atau bahkan menghabiskan beberapa account milik investor lain.
NAMUN, walaupun sudah tahu begini mereka masih saja menelpon anda dan tidak berhenti menawarkan ini ke orang2 lain dengan gaya yang meyakinkan sehingga lebih banyak orang lagi yang terjebak dan merugi.

Bagi anda yang pernah menjadi korban investasi semacam ini, saya ada beberapa opsi yang bisa anda pertimbangkan:

OPSI PERTAMA
anda masih menyimpan “agreement” waktu anda membuka rekening di perusahaan futures itu?
kalau iya, simpan itu baik2. JANGAN SAMPAI HILANG!
lebih baik lagi bila anda masih menyimpan account statement anda day by day.

coba anda telpon BBJ atau datang kesana di menara BDN thamrin, untuk mengecheck, apakah nomor rekening anda ini terdaftar sebagai account yang di register ke bursa atau tidak.
jangan pernah terima jawaban bahwa karena uang anda sudah habis, maka dari itu account anda tidak terdaftar.
that’s BULLSHIT.
nomor account anda akan selalu terdaftar pada BBJ. tidak perduli saldo di rekening anda sudah “0”

bila ternyata account anda TIDAK terdaftar, maka ada harapan cerah uang anda yang hilang akan bisa kembali.

ada aturan BAPPEBTI atau BBJ (saya lupa, tapi saya janji saya bisa carikan untuk anda), yang menyebutkan, bila perusahaan pialang tidak mendaftarkan account nasabah ke BBJ maka bila nasabah mengalami kerugian maka nasabah berhak mendapatkan uangnya kembali.

bila account anda “terdaftar”, jangan kecil hati.
CHECK: TANGGAL BERAPA ACCOUNT ITU DIDAFTARKAN!
bila tanggal account anda didaftarkan tidak sama dengan tanggal anda membuka account (transfer dana ke pialang) alias mereka telat mendaftarkan account nasabah maka, kerugian anda sebelum account anda didaftarkan bisa anda claim balik.

OPSI KEDUA
anda masih ingat post saya di halaman 3 di thread ini (kalau tdk salah), disana saya menjelaskan sekaligus memberikan bukti dari UU no. 32 tahun 1997 bahwa bila trader anda TIDAK MEMILIKI IJIN WAKIL PIALANG, maka anda bisa menuntut dia dengan ancaman hukuman penjara 1 tahun atau denda maksimal 1 Miliar???

Perusahaan yang membiarkan ini terjadi, walaupun sudah mendapat warning dari Bappebti-pun juga akan menerima hukuman financial dalam jumlah yg besar.

So, kumpulkan semua korban, siapkan pengacara anda dan sejumlah wartawan and let’s make this BIG!!!

I think we need to start doing this to them.
Kalau mereka bisa membawa masalah kepada kita, kenapa kita tidak bisa membawa masalah balik kepada mereka???

banyak dari korban perusahaan futures yang tidak tahu bahwa hal ini “BISA dan DAPAT” dilakukan secara HUKUM.

saya senang bisa sharing ini kepada anda semua, dan saya lebih senang lagi bila anda bisa memberitahukan hal ini kepada mereka yang pernah menjadi korban. ada harapan bagi mereka untuk mendapatkan uang mereka kembali.

saya tidak bisa memberikan bantuan secara hukum, itu tugas pengacara anda, namun yg ingin saya sampaikan bahwa ada opsi yang bisa anda lakukan untuk dapatkan uang anda kembali.

================================================== ==

tambahan dari bro blue_danube:

PENIPUAN DAN PRAKTEK MENYIMPANG DARI PERUSAHAAN FUTURES

maraknya PENIPUAN oleh perusahaan berjangka yang dilaporkan ke kepolisian mengundang pertanyaan bagi orang awam atau calon nasabah perusahaan berjangka. apakah perusahaan yang jelas2 legal di mata hukum positif indonesia bisa melakukan praktek yang dilarang? nampaknya perlu diperjelas apa yang dimaksud dengan PENIPUAN oleh perusahaan berjangka.

mungkin akan lebih baik kalo kita gunakan sebutan ‘praktek menyimpang’ perusahaan berjangka daripada kata PENIPUAN, karena gak semua hal yang menyimpang ini MENIPU. tapi nanti pasti akan kelihatan dimana dari sekian hal yang bisa dinilai sebagai sebuah penipuan.

1. perusahaan berjangka menutupi identitas diri dengan perusahaan lain.
jelas, perilaku menyimpang dan PENIPUAN. kita sama2 tau bahwa image perusahaan berjangka berada di titik nadir sejak beberapa tahun lalu.. dan perusahaan ini, sebagaimana layaknya perusahaan lain, harus tetap dapet nasabah kalo mau tetap hidup. oleh karenanya, perusahaan2 ini banyak yang menutupi identitas dirinya di balik PO BOX, atau nama perusahaan lain, seperti yang pernah dilakukan maxgain dan perusahaan gw..

2. perusahaan berjangka membuka lowongan yang ‘aneh2’ untuk menutupi kebutuhan mereka akan marketing
jelas, ini penipuan. tapi ini biasa juga dilakukan perusahaan futures untuk menjebak calon karyawannya.. mereka buka lowongan di koran atau nempel lowongan di kampus2 bahwa mereka butuh orang2 untuk human resources development, admin, sekretaris, akunting, entry data, bahkan sampai security.. tapi buntutnya, yang dateng kesana dan dinilai menarik akan diminta bergabung untuk menjadi marketing futures dengan berbagai nama… financial analyst, financial consultant, business advisor, account executive, dll dll.. mereka menjanjikan training, basic income diatas 3 juta, komisi, perjalanan keluar negeri, PDA, ponsel, mobil, dll dll, pokoknya sangat menggiurkan. hati2lah..

3. perusahaan berjangka berkantor di gedung mewah untuk membuat citra elit.
sebenernya sih fair2 aja.. cuma terkadang gara2 tampilan luar ini kita menjadi tidak objektif. malah kadang2 meja-kursi di kantor itu juga sewaan.. jadi kalo kantor itu bangkrut atau kabur, kita tidak bisa mengklaim apapun isi kantornya, karena pasti akan disegel oleh pemilik gedung terlebih dahulu.

4. jarang menerima marketing yang sudah mengenal dunia futures sebelomnya.
makin hijau si calon marketing, makin jauh dari dunia futures si calon marketing, kesempatan diterima makin baik.. karena apa? tidak lain dan tidak bukan adalah orang2 yang masih hijau ini tidak banyak mengetahui tentang kebobrokan perusahaan berjangka, sehingga mereka nanti akan bekerja tanpa beban…
itu juga yang menjadi salah satu alasan mereka memasang lowongan di kampus2….

5. Menunjuk seorang Wakil Pialang Berjangka dalam agreement, tapi memberikan kebebasan pada trader non wakil pialang untuk mencari nasabah dan menjalankan amanat nasabah.
Seingat gw, koreksi kalo salah, dalam mendirikan sebuah pialang berjangka, minimum harus ada 2 wakil pialang berjangka dalam jajaran direksi, untuk setiap cabang pialang berjangka. kalo pialang X punya 2 cabang, berarti harus punya minimum 4 wakil pialang berjangka….
dan tentunya trader2 pun harus punya lisensi WAKIL PIALANG BERJANGKA…

bagaimana cara mendapat wakil pialang berjangka ini?
jelas, siapapun asal lulusan D3/S1 berhak ikut ujian CALON wakil pialang berjangka yang secara teratur diselenggarakan Bappebti, bekerjasama dengan APBI atau disponsori pialang yang sedang promo…
setelah lulus ujian (yang soal2nya terlalu gampang bagi pemula sekalipun), mereka mendapat sertifikat CALON WAKIL PIALANG BERJANGKA, gw singkat CWPB.
nah, apakah setelah dapet sertifikat ini mereka boleh menjalankan tugas sebagai WAKIL PIALANG BERJANGKA (WPB)?
TIDAK!
dalam jangka waktu 6 bulan setelah memperoleh sertifikat CWPB, seseorang harus DIDAFTARKAN oleh sebuah pialang berjangka, menggunakan formulir III Pro. xx (gw lupa), ke Bappebti, agar mendapat lisensi sebagai WPB….

JADI,

kalo sampai 6 bulan CWPB gak direkrut oleh pialang berjangka, dia harus ngulang ujian lagi….

MASALAHNYA adalah, tidak semua pialang mau repot untuk merekrut seseorang menjadi WPB, karena terikat oleh gaji.
sebagai perusahaan yang ngakunya sebagai ‘COMMISSION HOUSE’ yang hidupnya dari KOMISI… ehemmm…. mereka merasa berkeberatan kalo harus menyuruh semua marketingnya menjadi WPB dan digaji!
mereka cukuplah menggaji beberapa orang, sebagai WPB, dengan gaji minim, dan diberi janji akan dapet ‘fee’ kalo ada nasabah buka account di agreement yang dia tandatangani…

selebihnya, orang2 tanpa lisensi, dianggap wajar untuk mencari nasabah dan menjalankan amanat nasabah…..

dan di mata hukum itu salah… pertanyaannya, hukum milik siapa?

6. Memberikan training seadanya bagi marketing
well… ini sebenernya salah satu sumber dari beberapa kekusutan di bisnis ini…
fresh graduated, setelah dinyatakan diterima, cuma diberi training soal perdagangan futures MAKSIMAL 1 minggu(!)…. dan setelah itu, sampai maksimal 3 bulan, mereka cuma dapet ‘uang bensin’ yang nilainya di bawah UMR… kadang2 cuma rp 200.000/bulan..
dengan kondisi minim kemampuan, gaji superkecil, mereka ‘ditekan’ dan ‘diiming2i’ oleh asisten manajer mereka, untuk mencari nasabah sesegera mungkin…
macem2 caranya…
ada manajer yang janji kasih ponsel kalo ada marketingnya yang berhasil ngajak nasabah buka account…
atau ada yang janji kasih tambahan komisi kalo bisa bawa nasabah sebelom 1 bulan, misalnya….

marketing mana yang tidak tergiur?

walhasil, mereka mencari cara agar dapat nasabah dengan cara cepat…. salah satunya adalah memberikan JANJI KEUNTUNGAN!
sesuatu hal yang DIHARAMKAN di dunia perdagangan…

kenapa ini seringkali berhasil?
karena tipikal masyarakat indonesia adalah MASYARAKAT PENABUNG! mereka lebih suka naruh duit di deposito biarpun bunga kecil tapi dapet duit tanpa resiko duit itu ilang… sekarang masih mending mau ke reksadana… tapi IHSG rontok juga reksadana bisa rugi…
masyarakat indonesia belom sampai ke taraf masyarakat INVESTASI, yang bersedia keluar duit kecil yang idle, untuk diputar dalam isnis yang lebih beresiko, demi keuntungan relatif di masa depan…

AKIBATNYA?
dunia futures jelas dunia perdagangan semata… ada untung ada rugi… dan si trader ini jelas lebih mengutamakan komisi dalam mendapatkan iming2/janji dari atasan mereka… makin banyak lot yang diperdagangkan, akan makin kaya mereka…. TAPI, apakah dana nasabah bisa mereka amankan sesuai janji???

belom tentu… ingat.. mereka cuma dapet training 1 MINGGU!
apa yang bisa diharapkan dari seorang trader dengan pengalaman mock trading 1 MINGGU??????????????????????????????????????

sama aja kita naruh mobil di bengkel tapi dikerjakan oleh orang yang baru kenal sparepart…..

mulai deh, loss… kena floating… minta inject dana… kalo si nasabah udah marah dan dateng ke kantor, mereka kabur, HP dibuang, pindah kos2an…. perusahaan cuek bebek….

that’s the fact!

7. Menjanjikan kepada nasabah bahwa Wakil Pialang Berjangka akan membantu transaksi si trader
another BS!
pertama, sudah melanggar peraturan!
kedua, selama bertahun2 gw di dunia futures lokal, tunjukin satu aja wakil pialang berjangka yang mendampingi si trader menjalankan amanat nasabah, dari pagi sampai malem, ikutan begadang gara2 floating loss, atau nungguin kalo ada news!

paling banter mereka cuma didampingi manajernya, yang cuma bisa mendorong i trader untuk makin banyak melakukan transaksi.. karena apa? dari komisi yang dibebankan kepada nasabah, si manajer ini juga mendapat bagian yang biasa gw sebut sebagai ‘overriding’….
makin banyak transaksi, makin gede komisinya…. malah gw sering liat ada manajer yang overridingnya jauh lebih gede daripada gajinya!

tapi, setelah margin menipis, si manajer ini akan beringsut pergi, mencari trader2 lain yang bisa ‘dikerjain’, atau ‘mendorong’ marketing baru untuk segera dapet nasabah…… begitu seterusnya…..

akibat untuk nasabah? udah jelas.. karena si trader ini masih hijau, belom pengalaman, sering aja nurut apa kata si manajer yang ‘berpengalaman’ lebih daripada mereka….
manajer bilang buy, mereka ikut2an buy… begitu sebaliknya…. tanpa mereka tau bahwa manajer melakukan ini salah satunya juga untuk ‘overriding’….

kalo udah ambil posisi, biasanya kabur, apalagi kalo floating loss… ada aja alesannya kalo diminta dateng ke kantor….
kalo udah mepet, biasanya dengan entengnya disuruh inject dana….

WTF!

8. Tidak memberikan statement account kepada nasabah
biarpun sekarang mulai diubah, tetep aja banyak pialang yang gak kasih temporary/daily statement ke nasabah…. jadi sering sekali nasabah gak tau menahu kondisi accountnya, bahkan sangat banyak nasabah yang shock waktu diberi tahu kalo kena margin call!
penggunaan software trading meminimalisir ini, tapi pengguna software masih gak sebanyak pialang yang tradingnya masih menggunakan DQ di floor…..

9. berafiliasi dengan pedagang berjangka/penyelenggara SPA

ya! ini salah satu sumber mengapa nasabah ‘sulit profit’………..
kenapa?

aturan dalam Sistem Perdagangan Alternatif adalah bahwa untuk membentuk pasar perdagangan forex/indeks, dibentuklah suatu sistem perdagangan alternatif sebagai pengganti bursa, dimana, setiap satu penyelenggara SPA harus mempunyai sekurangnya 2 pialang anggota SPA.
well.. keliatannya fair… tapi gw coba berikan kenapa akal2an ini bisa berbahaya…

pedagang berjangka yang selama ini ada, jumlahnya terbatas, beberapa diantaranya adalah perseorangan.. dengan dibentuknya SPA ini, tentunya pedagang penyelenggara SPA yang sudah eksis sebelomnya bisa kebanjiran pialang yang akan menjadi anggotanya… dan dikuatirkan ada politik dagang sapi untuk bagi2 spread atau Net Profit Loss.. pialang mengkuatirkan bahwa pedagang2 ini akan JUAL MAHAL, dan membuat keuntungan mereka makin kecil…
contoh aja…
sebelom ada SPA, pialang A melempar transaksi ke pedagang B dengan mendapatkan 2 pips spread…. nah, bisa2 setelah ada SPA, pedagang mungkin saja memberikan cuma 1 pip… nah, pialang bisa berkurang keuntungannya…….

kekuatiran ini yang mendasari bahwa Bappebti TIDAK mempermasalahkan kalau pialang2 ini berkongsi untuk membentuk penyelenggara SPA sendiri sepanjang sesuai dengan kesepakatan masing2 pihak…
contoh, pialang A, B, dan C bersepakat untuk berkongsi membentuk pedagang penyelenggara SPA D sebagai tempat pelemparan amanat transaksi mereka…

fair?
ntar dulu……..

dengan adanya afiliasi, biarpun sudah diakali dengan menempatkan orang2 diluar pemilik resmi pialang2 yang berkongsi, akan menimbulkan kecenderungan bahwa si penyelenggara SPA ini akan MEMBANTU pialang2 yang menjadi anggotanya (bacaenyetor sahamnya) agar mendapatkan tidak lagi cuma sekedar spread, tapi juga membagi2 kerugian yang diderita nasabah……

contoh,
nasabah X di pialang A anggota penyelenggara SPA B punya posisi open BUY GBP/USD di 1.7000… harga turun ke 1.6900. diclose, berarti sesuai aturan, duit nasabah X di segregated account pialang A akan berpindah ke penyelenggara SPA B. untuk pialang, harusnya cuma dapet spread… tapi faktanya, duit yang loss ini dijadikan ajang bagi hasil antara pialang dan penyelenggara SPA ini……..

keliatannya sih fair… toh, terserah si penyelenggara apakah mau dapet duit banyak atau sedikit…

TAPI, berkat afiliasi ini, udah jelas siapa yang ingin memperkaya siapa!
kalo sebelom SPA, duit nasabah yang loss langsung dipegang pialang, setelah SPA, sama aja masuk ke tangan pialang, cuma lewat tangan si penyelenggara SPA!
kalo dulu pembagian NPL bisa 80:20 untuk pedagang, dengan adanya SPA bisa2 20:80 atau 10:90 untuk si penyelenggara, alias duitnya sama aja masuk ke kantong pialang!
apalagi kalo penyelenggara SPA masih disokong operasionalnya oleh pialang2 yang mendirikannya……………….

walhasil, kalo dulu pedagang bisa relatif lebih netral, sekarang, pedagang jadi2an yang merupakan afiliasi pialang2 bisa ikut terlibat langsung dalam membuat nasabah lebih banyak loss…

caranya?
lihat nomer berikut…

10. permainan untuk membuat nasabah cepat loss………..

terlalu banyak permainan yang bisa disebutkan disini, gw cuma menyebutkan beberapa aja yang sering dirasakan tapi sulit dibuktikan…

pertama, bermain di spread……….

biasanya, kalo diberi harga dari pedagang 1.7000/7003, pialang menjual ke nasabah dengan harga 1.6998/7005.. bisa kurang bisa lebih, tergantung market….

nah, kalo market running naik, spread biasanya diakalin jadi 1.7000/7007 atau lebih……. karena apa? karena nasabah yang akan membuka NEW POSITION pasti akan mengambil BUY….

sementara, kalo nasabah akan CLOSE POSITION, biasanya dikasih harga 1.6997/7003.. relatif… tapi jelas akan merugikan nasabah yang akan settle posisi…….

wah… sulit dong ngadalin nasabah kalo gitu?

gak juga… dealing room udah dilatih untuk mencari tahu nasabah/trader mana yang meminta harga, dan posisi apa saja yang akan diambil….
mereka tau persis bahwa trader A punya posisi open buy atau nasabah B ingin masuk new position!

kalopun keduanya sama2 minta harga, dealing sudah tau berapa jumlah posisi open buy yang tercatat di mereka, sehingga mereka akan memberikan KEMUNGKINAN harga yang akan diambil nasabah…

contoh… pialang X punya posisi open buy sebanyak 10 lot… yang minta harga lebih dari 10 orang atau dealing mengenali bahwa yang minta harga mayoritas belom punya posisi open, maka dealing akan memberikan harga yang lebih tinggi daripada running….
pokoknya yang mau settle harus lebih sedikit daripada mereka yang mau ambil posisi baru!

tapi kalo keceplosan kasih harga yang lebih rendah, biasanya cepet2 dealing akan teriak ‘OUT!’

setelah proses ini terlewati, proses berikutnya sama aja… proses untuk settle posisi juga begitu… yang punya open new buy, pasti akan dikasih harga rendah untuk settle…
iya kalo mau take profit… kalo mau memperkecil loss? jelas makin sulit untuk memperkecilnya kan? belom kepotong spread dan komisi….

kedua, sehubungan dengan afiliasi itu, yang parah, bukan cuma dealing room di pialang X yang main spread, tapi juga dealing di PENYELENGGARA SPA juga main spread!

kok bisa? ya bisa lah… yang penting nasabah loss, penyelenggara menang, pialang dapet bagian!

kalo udah gini, bisakah profit? haha… sulit sekali kan?

NB: berlaku paling banyak bagi pialang yang masih menggunakan open outcry daripada online…
apakah yang online bebas kecurangan? belom tentu…

11. menggunakan dana segregated account nasabah untuk kepentingan DILUAR transaksi

diskusi di halaman ini ada yang menyentuh soal seg account, sekalian aja gw tambahin…

duluuuu sekali, gak ada pembedaan antara rekening pialang dengan rekening nasabah…nasabah setor duit ke rekening2 gak jelas, malah biar keren, ada pialang yang memberikan banyak rekening dari bank yang berbeda dengan alasan ‘kemudahan transfer’…. tapi itu duit masuk langsung ke rekening operasional perusahaan………

setelah aturan diperketat, Bappebti memerintahkan semua pialang untuk membukakan 1 rekening khusus nasabah di bank BCA/Niaga yang dinamakan SEGREGATED ACCOUNT…
tujuannya sangat mulia, membebaskan nasabah dari kekuatiran apakah uang mereka akan dipake untuk SELAIN tujuan transaksi oleh perusahaan…

TAPI faktanya, oleh para BANDIT BERJANGKA ini, rekening segregated yang (katanya) secara berkala dan randomize diaudit oleh bappebti/BBJ, juga menjadi ajang mengeruk dana nasabah!

biarpun seluruh rekening yang dimiliki pialang, termasuk seg account udah dikasih ijin bagi bappebti/BBJ mengecek, FAKTANYA, penggunaan dana seg ini bisa berjalan LANCAR JAYA tanpa KUATIR………
kantor gw dulu BIASA melakukannya, dan waktu gw ngobrol2 dengan pialang lain, hal2 itu SUDAH BIASA dilakukan terang2an di depan mata bappebti………

well… kok bisa? bisa aja……….

seg account adalah rekening transaksi yang hanya berubah jika ada buka account, margin in, margin out, tutup account, dan tutup transaksi (settlement) untuk perhitungan net profit loss dan komisi, diluar itu mengutik seg account adalah HARAM hukumnya..
tapi, pialang juga menggunakannya untuk kepentingan lain……….

biasanya, pengecekan dari bappebti itu menjelang akhir bulan transaksi, dan bappebti jarang sekali melihat rekap transaksi TAPI cuma total duit bulan ini dibanding bulan lalu….
jadi, ada celah keamanan yang ditembus…
bappebti punya hak untuk memeriksa semua rekening pialang, tetapi kalo gak ada request/masalah, jarang sekali pengecekan2 itu dilakukan secara menyeluruh..

walhasil, pialang menggunakannya juga untuk kepentingan non transaksi seperti operasional, bayar tetek bengek sampai membayar dana jaminan transaksi ke penyelenggara SPA..
lho? bukannya point terakhir itu termasuk transaksi? sebenernya iya, tapi selama posisi masih FLOATING, seg account TIDAK BOLEH DIUTIK2… pialang HARUS menambah uang jaminan itu dari duit sendiri, bukan dari seg account!
tapi, berkat kelemahan pengawasan, pialang bisa menggunakannya sepanjang belom sampai akhir bulan…
tapi kalo posisi open makin banyak, dan withdraw juga makin banyak, otomatis kelancaran seg account pasti akan terganggu….. logika aja…….

seperti bro doraemon bilang, nasabah tidak bisa mengecek sendiri kondisi seg account kecuali ada orang dalam di BCA yang mempertaruhkan jabatan, martabat, dan kebebasannya untuk mengecek seg account ini……
TAPI, jangan berharap terlalu banyak…
seg account berisi total duit nasabah pialang itu, BUKAN masing2 nasabah……..

tapi kalo anda bisa mendapatkannya, silakan, biar tau kelakuan pialang2 ini………

(masih berlanjut)

================================================== ==

1 link yg berguna:
http://waspada-investasi.bapepam.go.id/

Melanjutkan diskusi saya dgn beberapa kaskuser disini yang pernah menjadi korban investasi futures, maka dengan ini kami ingin mengumpulkan beberapa korban2 lain yang ingin memajukan kasus mereka ke jalur hukum bersama dengan kami.

Bagi para kaskuser yang pernah menjadi korban investasi perusahaan futures, diminta untuk menceritakan / sharing pengalamannya disini
dengan format:

Nama: (Nick elu di kaskus)
Pialang: (Nama perusahaan futures)
Nama trader: (Siapa yg menawarkan & menjalankan investasi anda)
Kapan: (bulan/tahun anda berinvestasi)
Kronologis: (ceritakan kronologis kejadiannya dari awal s/d akhir)

***

nb: bagi kaskuser lain yg saudara/teman/kenalannya pernah menjadi korban, mohon memberitahukan informasi ini kepada mereka agar dapat bergabung dengan kami disini.

bila anda berkeberatan utk sharing disini, anda bisa mengirimkan email kepada saya di:
doraemonkaskus@gmail.com
atau
doraemonkaskus@yahoo.com (YM!)

=============================================

isi thread:

Mengingat banyaknya thread yg mengecam tindak tanduk perusahaan futures, mulai dari yg tertipu lowongan kerja hingga yg tertipu untuk investasi, maka saya tergerak untuk membuat daftar alamat2 perusahaan futures di indonesia.

Saya sendiri mantan praktisi di bidang futures selama 5 tahun lebih, dan sudah undur karena hati nurani saya tergangggu karena banyaknya kebejatan bisnis di dalamnya.

Semoga thread yang saya buat ini berguna untuk semuanya. Bagi yg merasakan manfaatnya silahkan tinggalkan GRP di kulkas saya, atau sekedar thanks juga akan dihargai.

buat yg tidak suka akan thread saya, brp andapun saya terima dgn baik.
—————————

[/spoiler]

DAFTAR ALAMAT PERUSAHAAN FUTURES DI INDONESIA

[spoiler]

1. ASIA KAPITALINDO KOMODITI BERJANGKA, PT
SONA TOPAS TOWER, Lt. 15A, Jl. Jend. Sudirman Kav. 26, Jakarta

Telp : (021) 2506262
Fax : (021) 2506333

2. DANAGRAHA FUTURES, PT
Gedung Citra Graha Lt. 8, Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 Jakarta Selatan

Telp : (021) 5232500
Fax : 5232693,52900360

3. RIFAN FINANCINDO BERJANGKA, PT
Gedung Wira Usaha Lt.2, Jl. Rasuna Said kAV. C-5

Telp : (021) 2501243
Fax : (021) 5229047

4. SENTRATAMA INVESTOR BERJANGKA, PT
Tower III, Plaza BII Lantai 7, Jl. M.H. Thamrin No. 51, JAKARTA 10350

Telp : 021 – 3199 0099
Fax : 021 – 3199 0077

5. DANAREKSA FUTURES, PT
Wisma Antara Lt. 14, Jl. Medan Merdeka Selatan No. 17, Jakarta 10110

Telp : 021-3501177,3501557
Fax : 021-3502496

6. CIC FUTURES, PT.(d/h Pt. Agrodana Futures)
Wisma NugraSantana, Lt. 16, Jl. Jend. Sudirman, Kav. 7-8, Jakarta

Telp : 021 – 5700200
Fax : 021 – 5720621

7. KONTAKPERKASA FUTURES, PT
Sudirman Plaza,Plaza Marein, Lt. 7, Jl. Sudirman Kav. 76-78, Jakarta

Telp : (021) 57936555
Fax : (021) 57936550

8. ARTHA GADING FUTURES, PT
Gedung Graha Aktiva, Jl. HR. Rasuna Said Blok X-1, Kav, 03, Jakarta

Telp : (021) 52880109
Fax : (021) 52920146

9. PLATON NIAGA BERJANGKA, PT
Jl. Pintu Besar Utara 6-8, Jakarta 11110

Telp : (021) 6924117
Fax : (021) 6922886

10. INDOSUKSES FUTURES, PT
Indofood Tower – Plaza Sudirman lt.10, Jl. Jend. Sudirman Kav. 67-68

Telp : (021) 57937699
Fax : (021) 57937696

11. ARTHA BERJANGKA NUSANTARA, PT
Deusche Bank Building Lt.15, Jl. Imam Bonjol No. 80, Jakarta

Telp : (021) 31900369
Fax : (021) 31908576

12. JALATAMA ARTHA BERJANGKA, PT
Menara BDN Lt. 21, Jl. M.H. Thamrin No. 5, Jakarta

Telp : (021) 2300326
Fax : (021) 2300327

13. PACIFIC DUARIBU FUTURES, PT
Wisma Standar Chartered Bank Lt.18, Jl. Jend Sudirman Kav. 33A, Jakarta 10220

Telp : (021) 5732000
Fax : (021) 5732639

14. SEPANJANG INTI SURYA BERJANGKA, PT
Menara Thamrin Lt. 5, Suite 503 Jl. M.H. Thamrin Kav. 3 JAKARTA 10250

Telp : (021) 2303329
Fax : (021) 2302602

15. SOLID GOLD BERJANGKA, PT
Gedung BRI II Lt. 18, Jl. Jend. Sudirman Kav. 44-46 Jakarta 10210

Telp : 021 – 5795 8888
Fax : 021 – 5795 5555

16. MONEX INVESTINDO FUTURES, PT
Menara RAVINDO Lantai 9, Jl. Kebon Sirih Kav. 75 – Jakarta Pusat 10340

Telp : 021 – 3150607
Fax : 021 – 3150758

17. VALBURY ASIA FUTURES, PT
Gedung Menara Karya Lt. 9 Jl. HR. Rasuna Said Blok X-5, Kav. 12, Kuningan Jakarta Selatan

Telp : (021) 25533777
Fax : (021) 25533778

18. MILLENNIUM PENATA FUTURES, PT
Menara Kebon Sirih Lt. 21, JL. Kebon Sirih Kav. 17-19, Jakarta Pusat 10340

dan
Plaza Bumi Daya lt.29, Jl. Imam Bonjol no. 61 –> alamat baru
Telp : (021) 392 9929
Fax : (021) 392 9991

19. GATRA MEGA BERJANGKA, PT
JW. Marriott Hotel Surabaya, Lobby Level Jl. Embong Malang No. 85-89 SURABAYA 60261 JAWA TIMUR

Telp : 031-5347888
Fax : 031-5347889

20. GOLDEN FINANCIAL FUTURES, PT
Menara Dea, Kawasan Kuningan, Jl. Mega Kuningan Barat, Kav. E-4.3, No. 1, Jakarta

Telp : 021 – 5760818
Fax : 021 – 5760816

21. HARUMDANA BERJANGKA, PT
Jl. Menteng Raya No. 62A, Jakarta Pusat 10110

Telp : 021-391 2383
Fax : 021-392 9701

22. MAXGAIN INTERNATIONAL FUTURES, PT
Gedung BEJ Tower II, Lantai 28, Jl. Jend. Sudirman Kav. 52 – 53, Jakarta 12190

Telp : (021) 515 2333
Fax : (021) 515 3661

23. REALTIME FOREX FUTURES, PT
Menara Kebon Sirih Lt. 10 Suite 1003, Jl. Kebon Sirih Kav. 17 – 19, Jakarta 10340

Telp : (021) 392 9751
Fax : (021) 392 9753

24. DANPAC FUTURES, PT
Plaza Asia/Abda, Lt. 18-A, Jl. Jend. Sudirman Kav. 59, JAKARTA

Telp : 021-51402388
Fax : 021-51402389

25. TOPGROWTH FUTURES, PT
Plaza BAPINDO, Bank Mandiri Tower, Lt. 28 Jl. Jend. Sudirman Kav. 54-55 Jakarta 12190

Telp : 021 – 5273883
Fax : 021 – 5266564

26. GRAHA FINESA BERJANGKA, PT
GRAHA IRAMA Lt. 9, R-9E, Jl. H.R. Rasuna Said Kuningan Blok X-1, Kav. 1-2 – Jakarta 12940

Telp : (021) 5264407
Fax : (021) 5264406

27. RUSSLEY FUTURES, PT
Jl. Sulawesi No. 48, Kel. Ngagel, Kec. Wonokromo, Surabaya

Telp : (031) 5055599
Fax : (031) 5016333

28. FORTUNE CHANNEL FUTURES, PT (sudah tutup)
Wisma KYOEI PRINCE, Lt. 20 Jl. Jend. Sudirman Kav. 3 Jakarta 10220

Telp : (021) 5723335
Fax : (021) 5724055

29. PRIMA TANGGUHARTA FUTURES. PT
JL. SUMATRA 35, SURABAYA 60281

Telp : (031) 5016288
Fax : (031) 5033780

30. TRIJAYA PRATAMA FUTURES, PT
Wisma Metropolitan I, Lt. 3, Jl. Jend. Sudiirman, Kav. 29, Jakarta Selatan

Telp : (021) 5710177
Fax : (021) 5229688

31. CENTURY INVESTMENT FUTURES, PT
KOMP.DUTA MERLIN BLOK B NO. 28-29 JL. GAJAH MADA NO. 2-5 JAKARTA 12940

Telp : (021) 6322829
Fax : (021) 6322957

32. WORLD INDEX INVESTMENT FUTURES, PT
Gedung Patra Jasa Lt. 17, Jl. Gatot Subroto Kav. 32-34, Jakarta- Selatan

Telp : (021) 52960728
Fax : (021) 52960725

33. INTER PAN PASIFIK FUTURES, PT
TAMARA BUILDING, Lt. 3 Suite 302, Jl. Jend. Sudirman Kav. 24 – JAKARTA 12920

Telp : (021) 5208850
Fax : (021) 5271993

34. CYBER FUTURES. PT
SAMPOERNA STRATEGIC SQUARE TOWER A LT. 28, JL. JEND. SUDIRMAN KAV. 45-46, JAKARTA 12930

Telp : (021) 577 0838
Fax : (021) 577 0883

35. GOLDEX EQUITY BERJANGKA. PT
MENARA KEBON SIRIH LT. 12 SUITE 1203, JL. KEBON SIRIH NO. 17-18, JAKARTA 10340

Telp : (021) 392 1666
Fax : (021) 392 6060

36. INTEGRAL INVESTAMA FUTURES. PT
PLAZA HAYAM WUTUK SUITE J-K, LANTAI 19, JL. HAYAM WURUK NO. 1108, JAKARTA 11160

Telp : (021) 626 8088
Fax : (021) 6260819

37. DEA U-TRADE FUTURES. PT (sudah tutup)
PLAZA BII MENARA II, LANTAI 5, JL. M.H. THAMRIN NO. 51 JAKARTA 10350

Telp : (021) 398 34755
Fax : (021) 398 34756

38. MILLENNIUM ARTHAPALA FUTURES, PT
JL. RAYA NGINDEN NO. 44, SURABAYA 60284

Telp : (031) 5049549
Fax : (031) 504 9711

39. NATPAC FUTURES. PT
MENARA KEBON SIRIH LT. 23, SUITE 23-03, JL. KEBON SIRIH KAV. 17-19, JAKARTA 10340.

Telp : (021) 398 36633
Fax : (021) 398 36600

40. PIRANTI JAYA ARTHA FUTURES, PT (sudah dibekukan)
BANGUN TJIPTA BUILDING LT. 1, JL. JEND. GATOT SUBROTO NO. 54 (BUNDERAN SLIPI), JAKARTA 10260

Telp : (021) 570 8828
Fax : (021) 570 8831

41. VICTORY INTERNATIONAL FUTURES, PT
WISMA DHARMALA LT. 5, JL. PANGLIMA SUDIRMAN 101-103, SURABAYA
60271, JAWA TIMUR
Telp : (031) 535 8429
Fax : (031) 535 8430

42. MENARA MAS FUTURES, PT
MENARA IMPERIUM LT. 12, SUITE B, KAV. 1, JL. H.R. RASUNA SAID, JAKARTA 12980

Telp : (021) 8379 1366-68
Fax : (021) 831 7369

43. GLOBAL ARTHA FUTURES, PT
GRHA SURYA lt. 3, Jl. Setiabudi Selatan I/ Kav. 9, Kuningan Jakarta-12920

Telp : (021) 5905028
Fax : (021) 5790 2223

44. BUANA ARTHA BERJANGKA, PT
PLAZA GREAT RIVER LT. 8, JL. H.R. RASUNA SAID KAV. X-2/1, JAKARTA 12950

Telp : (021) 5793 8899
Fax : (021) 5793 8910

45. PANDU DANA UTAMA BERJANGKA, PT
Hayam Wuruk Plaza, Lt. 7 E-F, Jl. Hayam wuruk No. 108, Jakarta

Telp : 021-6298373
Fax : 021-6284331

46. CAYMAN TRUST FUTURES, PT
Word Trade Center Lantai 16, Jl. Jend. Sudirman Kav. 29-30, JAKARTA 12920

Telp : (021) 521 1833
Fax : (021) 521 1785

47. PANCA DANAMAS FUTURES, PT
Wisma LIPPO Lantai 7, Suite 703, Jl. Jend. Gatot Subroto No. 2, BANDUNG 40262

Telp : (022) 730 7390
Fax : (022) 731 5524

48. REX CAPITAL FUTURES, PT
Menara GLOBAL Lantai 6, Jl. Gatot Subroto Kav. 27, JAKARTA 12950

Telp : (021) 527 0411
Fax : (021) 527 0144

49. MAGNA DANA INVESTAMA BERJANGKA, PT
Gedung Oil Centre Lt. 8, Jl. MH. Thamrin No. 55

Telp : (021) 3903858
Fax : (021) 3903859

50. INTERNATIONAL MITRA FUTURES, PT
JL.Teuku Umar No.188, Denpasar 80113, BALI

Telp : (0361) 223000
Fax : (0361) 248950

51. CALIO FUTURES, PT
Wisma Dharmala Lt.7, Suite 5, Jl. Panglima Sudirman 101-103, Surabaya 60271

Telp : (031) 6000 7333
Fax : (031) 6000 8333

—> udah tutup, update dari bro blue_danube (thank you)

52. QUANTUM FUTURES, PT
Menara Imperium Lt. 21, Jl. H.R. Rasuna Said Kav. 1, Kuningan, Jakarta 12980

Telp : (021) 8379 5979
Fax : (021) 8379 5978

53. MIDTOU ARYACOM FUTURES, PT.
Gedung Sarinah Lt. 12, Jl. M.H. Thamrin No. 11, Jakarta 10350

Telp : (021) 390 4647
Fax : (021) 390 4648

54. MEGAH TAMA BERJANGKA, PT.
Menara Standard Chartered, Lt. 18, Suite, A,B,C, Jl. Prof. Dr. Satrio No. 164, Jakarta

Telp : (021) 25555400
Fax : (021) 25555488

55. SARANA PERDANA BERJANGKA, PT.
Gajah Mada Tower Lt. 19, Suite 1901 Jl. Gajah Mada No. 19 – 26, JAKARTA 10130

Telp : (021) 63866344
Fax : (021) 63872256

56. MAHADANA ASTA BERJANGKA, PT
CENTURY Tower Lt. 12, Jl. H.R. Rasuna Said Kav. X-2 – Jakarta Selatan 12950

Telp : (021) 2526633
Fax : (021) 2521123

57. TOTAL ASIA FUTURES, PT
Plaza DM Lantai 14, Suite 1403, Jl. Jend. Sudirman Kav. 25, Jakarta 12920.

Telp : (021) 5205555
Fax : (021) 5203901

58. MASTERPIECE FUTURES, PT
Plaza’89 lt. 3, Jl. H.R. Said Kav. X-7 No. 6, Kuningan

Telp : (031) 5290255
Fax : (031) 52920622

59. BUANA INVESTMENT GLOBAL FUTURES, PT
Geduang Menara Global, Lt. 25, Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 27, Jakarta

Telp : (021) 52892336
Fax : (021) 52892337

60. GOLDMANY FUTURES, PT
Plaza BII Tower II Lantai 35, Jl. M.H. Thamrin No. 51, Jakarta 10350

Telp : (021) 31990088
Fax : (021) 31990321

61. UNITED ASIA FUTURES, PT
Bapindo Plaza, Citibank Tower lt. 21, Jl Jend. Sudirman Kav, 54-55, Jakarta 121920

Telp : (021) 526 6633
Fax : (021) 526 0321

62. SENTRA ARTHA FUTURES, PT
Plaza Centris Lt. V, Jl. H.R. Rasuna Said Kav. B-5, Jakarta Pusat 12910

Telp : (021) 525 4653
Fax : (021) 520 7093

63. OVERSEAS COMMERCIAL FUTURES, PT.
Jl. Raya Gubeng No. 24, Surabaya 60281

Telp : (031) 5015 888
Fax : (031) 5011 588

64. ASIA TRADE POINT FUTURES, PT
Gedung Setibudi Atrium Lt.4/405, jl. Rasuna Said Kav. 62, Karet Setiabudi, Jakarta Selatan

Telp : (021) 5212360
Fax : (021) 5212359

65. FASTING FUTURES, PT.
International Sport Club Menara Metro Lantai III, Jl. MT. Haryono 1014 – 1016, Semarang

Telp : (024) 8451020
Fax : (024) 8419312

66. CENTRAL CAPITAL FUTURES
Sona Topaz Tower Lantai 10, Jl. Jend. Sudirman Kav. 26, JAKARTA 2920

Telp : (021) 250 6555
Fax : (021) 250 6515

67. CENTRAL ASSET FUTURES, PT
Patra Office Tower, Lt. 18 Ruang 1841, Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 32 – 34 – JAKARTA 12950

Telp : (021) 521 4750
Fax : (021) 525 1764

68. SINARMAS FUTURES, PT
BII Plaza Tower III Lantai 5, Jl. MH. Thamrin No. 51 JAKARTA 10350

Telp : (021) 392 5550
Fax : (021) 392 5579, 5540

69. GITA ARTHA BERJANGKA, PT
Menara Bank Dagang Negara Lt. 18, Jl. M.H. Thamrin No. 5, Jakarta 10340

Telp : (021) 3983 2878
Fax : (021) 3983 2877

70. INTERNATIONAL BUSINESS FUTURES, PT
Graha Bumiputera Lt. 5, Suite 504-505, Jl. Asia Afrika No. 141-149, Bandung 40112

Telp : (022) 421 5188
Fax : (022) 421 5190

71. NINE STARS FUTURES, PT.
Bank Mayapada Building Lantai 4 & 5, Jl. M.T. Haryono No. 647, Semarang 50242

Telp : (024) 841 6566
Fax : (024) 841 6567

72. ROYAL TRUST FUTURES, PT (d/h-PT. Pan Index Future)
Menara Sudirman 26th Floor, Jl. Sudirman Kav. 60, Jakarta 12190

Telp : (021) 5222 510
Fax : (021) 5222 511

73. PENATA ARTHA FUTURES, PT
Jl. Pluit Permai Raya No. 41A, Jakarta 14440

Telp : (021) 6660 5405
Fax : (021) 6660 5404

74. MAXCO FUTURES, PT
Gedung PANIN Pusat Lt. 5, Jl. Jend. Sudirman Kav. 1, Senayan – Jakarta 10270

Telp : 021 – 7205868
Fax : 021 – 5710974

75. REYMOUNT FUTURES, PT
Plaza Sentral Lt. 7, Jl. Jend. Sudirman Kav. 47, Jakarta 12930

Telp : (021) 570 2314
Fax : (021) 574 3040

76. TRUST ARTHA FUTURES, PT
Jl. Prof. Dr. Satrio Blok C-4, Kav. 6-7, Kuningan Jakarta

Telp : 021-5260760
Fax : 021-5260761

77. MEGAGROWTH FUTURES, PT
Gedung Graha Kencana Lt. 2, Jl. Raya Perjuangan No. 88, Kebon Jeruk, Jakarta Barat

Telp : 021-53678799
Fax : 021-53671799

78. JILS FUTURES, PT
SONA TOPAS TOWER, Lt. 15-A, Jl. Jend. Sudirman Kav. 26, Jakarta

Telp : 021-2506399
Fax : 021-2506499

79. UNIVERSAL FUTURES, PT
Paskal Hyper Square, Heritages Bld, Lt. 2, Jl. Pasirkaliki No. 25-27, Bandung

Telp : 022-86060800
Fax : 022-86060700

——————-

[/spoiler]

informasi dari bro disful, perusahaan dibawah ini juga bermasalah dan terbukti menipu melalui iklan lowongan kerja:

[spoiler]

Quote:



80. PT Nomura Internusa Prima (NIP) beralamat di Plaza BBD, Jalan Imam Bonjol, No 61 Lantai 14, Jakarta Pusat.
buktinya ada di koran kompas 11 maret dan
http://pacamat.com/2008/03/tertipu-i…owongan-kerja/

tambahan lagi… berdasarkan laporan dari kaskuser:

Quote:

Originally Posted by 4444

* Ekspresindo Trimas Pratama PT

* PT. EKSPRESSINDO GLOBAL ARTHA ( EGA )
Gedung Patra Jasa lt 1, Jl. Gatot Subroto Jaksel

[/spoiler]
tolong catat ini diambil dari kaskuser post sebelumnya

dari thread di FB
http://www.kaskus.us/showthread.php?p=39181152
alamat ini juga patut diwaspadai:

[spoiler]

PT.CIC FUTURES
d/a. Jl.Jend. Basuki Rahmat No.106-126
SURABAYA

Sumber: http://www.kaskus.us/showthread.php?t=918118

[/spoiler]

Sumber: http://www.kaskus.us, http://discountfuturestrading.blogspot.com, http://en.wikipedia.org

Kategori:Finance, Management
  1. Maret 1, 2009 pukul 7:43 am

    Wah saya kurang paham mengenai investasi jenis ini..

    Salam Bocahbancar….

    • naila angelia
      Maret 3, 2010 pukul 12:45 pm

      hmmmm,,, baaruuu aja disms in nieh, lg aq browse di inet, ternyata perusahaan begituan yak,, males juga,,

      dr cara pemanggilannya aja ga profesional via SMS gitu loocchh!!!

      black list lah,,,

      thks ya buat infonya smua,,

  2. Ron
    Maret 24, 2009 pukul 5:14 pm

    saya baru mengalami perusahaan serupa.. baru masuk udah disuruh langsung training.. selama sebulan dan gajinya minim jg.. jadi main income yah dari commission semata yah bisa dibilang..
    yg anehnya tadi saya tlp untuk bicara dgn manager yg td interview saya (saya interview di plaza bumi daya lt. 29), tapi pas saya tlp persh-nya (PT Millenium Penata Futures), yg di website nya ditulis beralamat di Kebon Sirih, begitu saya telpon.. operatornya mengatakan kalau ga ad PT Millenium di PBD, cuma ada satu saja kantornya, yaitu di Menara Kebon Sirih tadi.. Nah, jadi takut saya.. apa kata org2 benar.. kalau perusahaan ini itu hoax atau penipu.. setiap kali di advertisement meng-iklankan banyak lowongan yg berbeda (cth: PR, MT, dsb) tapi pas sampai disana dikasihnya juga kerjaan yg bs dibilang trader yah… cari client buat invest..fiuh.. untung tau duluan.. kalau udah terlanjur masuk sana, gak tau deh mesti gimana..

    Yang punya pengalaman serupa mungkin boleh share juga biar ga ada lagi karyawan laen yg tertipu…
    Dan kalau misalnya ada yg nggak setuju atau ada pendapat sebaliknya, tolong di-share sama kita =)
    segini aja, dan thanks..

    • Rudi
      Januari 20, 2010 pukul 4:09 pm

      pas banget nihhh, gw barusan di sms untuk interview besok di PT. Milenium plaza BBD Lantai 29
      menurut lo gw dateng gakk yahh ??
      thenx.

      • Januari 22, 2010 pukul 5:36 pm

        keputusan ada di tangan anda brooo……

      • Januari 22, 2010 pukul 5:37 pm

        datang aja bro, buat cari pengalaman…. terus share di sini…..

        sekali lagi, keputusan di tangan anda bro…

      • Ay
        Februari 23, 2010 pukul 6:58 am

        Jangan datang deh, aku juga dapat sms, terus langsung research di internet untuk tahu ini perusahaan apa, bergerak di bidang apa, bosnya siapa, etc etc. Eh, ga taunya…buang ongkos n waktu. Pantesan suruh mampu bekerja di bawah tekanan n target oriented. Terimakasih banget untuk semua sharingnya, jadi belajar🙂

    • Juni 19, 2010 pukul 1:41 pm

      Saya mungkin hampir sama kayak situ kali mas, saya kemarin baru aja interview di PT MILLENIUM FUTURE yang di slipi, tapi begitu aku baca sekarang berarti aku nggak jadi training dech, kalo emang ujung – ujungnya cuma di tipu…..

  3. ron119
    Maret 25, 2009 pukul 2:22 pm

    iya jg ya.. jadi kalau prospective investor nya masi mau go along.. itu risk yg mesti dia tanggung sendiri. .bener jg..
    tapi saya pribadi sih, kayanya riskan jg kalau kerja di bidang ini.. takut ga kuat.. apalagi dgr dari bbrp rekan bahwa perusahaan2 tipe gini kebykan pd akhirnya “ngajak” karyawan dan kluarga karyawan untuk invest.. dan selama masa training, biasanya mereka pake saat itu untuk mencari background keluarga karyawan.. biar mereka tau, apa berprospek untuk invest nantinya… nggak tau juga sejauh mana kebenaran berita ini..

    anyway, thanks bro, utk sarannya

  4. Maret 27, 2009 pukul 8:24 am

    Masalahnya pialang yang menipu dan tidak tuh beda tipis.
    Spt Graha Finesa Berjangka walau menipu dan terbukti menipu Institusi2 terkait seperti BBJ KBI Bappebti dan Depdag tidak berbuat apa2 untuk penyelesaian.

    Semua bilang bukan Badan Yudikatif.
    Alhasil uang Nasabah menguap dengan sendirinya alias susah urusannya.

    Jadi mendingan tuh duit taruh di bawah bantal aja karena ni termasuk perdagangan paling berbahaya di dunia

  5. April 2, 2009 pukul 2:34 am

    pokoknya hati2 dg perusahaan futures..
    hampir pasti “rugi” deh kalo judi di sana..
    aku dulu jg pernah ikutan di Fasting futures.
    marketing merangkap trader nya keliatan begonya.
    ga ngerti ekonomi kok bisa jadi financial consultant..
    taunya cuma komisi terus…
    berbahagia diatas tangis orang ..

    wakil pialangnya paling nemenin waktu mau merayu calon nasabah..
    kl nasabah lagi loss, dia kabur,, dan marketing merangkap tradernya bingung sendirian.
    kalo nasabah rugi, mereka bersandiwara pura2 sedih,sampe sesegukan segala…

    amit amit deh..

  6. April 8, 2009 pukul 2:25 pm

    pengakuan dari pelaku pasar:

    Pada Metro Realitas hari Rabu, 5 November 2008 (pk 22.00-pk 23.00). Dibahas tentang ketidakprofesionalan BAPPEBTI sebagai regulator Pasar Berjangka (Forex, Komoditi, Indeks, dan Options).

    Sejak secara resmi dibentuk pada tanggal 27 September 1999 s/d sekarang. Masih banyak ditemui kasus hilangnya seluruh dana nasabah yg nilainya mencapai belasan miliar rupiah setiap bulan.

    Adanya standar dari beberapa perusahaan broker lokal kepada para karyawan/marketingnya yg diharuskan merugikan investasi nasabahnya hanya dalam jangka waktu kurang dari 1 bulan…??? (pengakuan dari para mantan marketing)

    Apakah BAPPEBTI tidak mengetahui masalah yg dialami puluhan nasabah baru setiap bulan… atau BAPPEBTI sebagai Regulator (Pengatur) sengaja menutup mata atau bahkan menerima suap dalam jumlah Miliaran rupiah setiap bulan dari PERUSAHAAN BROKER LOKAL…???

    Sebagai pelaku pasar (investor aktif di Forex Market) yg sudah banyak meraih keuntungan dari Transaksi Forex. Para analis yang juga merangkap sebagai investor menilai TIDAK ADA SATUPUN PERUSAHAAN BROKER FOREX /INDEX YG PROFESIONAL…!!!

    Keadaan diperparah lagi sejak tanggal 1 Januari 2007 BAPPEBTI melarang transaksi Forex Mikro (sekitar Rp.5.000.000,-) dan merubahnya menjadi transaksi dalam Normal Account (minimal Rp.30.000.000,-). Itu artinya perkiraan jumlah kerugian yg diderita nasabah naik sebesar 6X lipat dari semula.

    Diperlukan proses yg tidak sebentar bagi seorang investor utk dapat meraih profit dari Index/Forex Market…salah-alah malah gagal total….uang amblas!!!

  7. gadiez
    Juni 18, 2009 pukul 11:42 pm

    tengkyu bgt infonya, dpt panggilan untuk interview pt millenium di plaza bbd lt 29.searching2 untung ketemu site ini.wadouhh bs gawat kl terlanjur dateng.ada halaman lain tp yg keluar PJTKI gt.wahh udah ga bnr kan.tengkyu sekali lagi yaaa

  8. ze
    Juli 16, 2009 pukul 12:18 pm

    klo mnurut aq seh yang salah gk sepenuhnya perusahaan dlm masalh intrvw yang salah ya orang nya ko mau gt, kl masalah rugi dlm investasi ini emg ada namanya jg perdagangan mana ada untung terus masalah rugi kan ada management risk nya.kalo gk mau y gpp tidak dipaksa
    butuh nyali untuk terjun ke dunia seperti ini

  9. melissa (bkn nama sebenarnya)
    Oktober 13, 2009 pukul 3:40 pm

    Td gw ditelepon ama Magna Dana bwt interview katanya posisi public relation. Anehnya, gw samasekali nggak pernah tuh sekalipun ngelamar disitu. Kagak tau juga mereka dapet no HP gw darimana. Udah gitu pas gw tanya apa job desc nya, apa bener2 murni atau sales, katanya “Ibu besok dateng aja dulu”. HMmm!! Seperti yg biasa diucapkan oleh MLM. Kyknya besok gw ga dateng deh… soalnya setelah gw melakukan investigasi di internet tahun 2008 ada jg pengumuman serupa, minimum pendidikannya D3!! Gw S2 cuy,, ngapain menghire gw untuk kerjaan yg bisa dikerjakan oleh D3??? Aneeeehh

  10. sean
    Februari 2, 2010 pukul 3:26 pm

    bro yohan boleh minta advicenya?
    saya baru interview di 2 perush futures:
    pt askap berjangka di panin tower & pt millenium penata futures cab baru di wisma 76
    tapi wkt panggilan interview mrk terang2an bilang trading forex
    gimana bro 2 pt ini?
    thx inputnya🙂

  11. caca
    Februari 4, 2010 pukul 5:07 pm

    pren barusan aja guwe slesei training tuh pt millenium pennata futures selama 3 hari ini, emang dari awal dia butuhnya PR, asisten manager tapi ternyata suruh jadi sales to… tapi gak papalah guwe tetep ikut training untuk nambah ilmu plus wawasan aja. mo tanya emang semua **** futures itu semuanya menipu?

  12. danik
    Maret 12, 2010 pukul 9:43 am

    kalo aku sudah pasti gak mau ngikut interviewnya, waktu masih fresh grad, pernah sih dipanggil unk wwcr kayak begini. disuruh ngisi aplly form mengenai siapa yang kita kenal. gue tulis aja bokap gue ma dosen gue yang killer hehe. setelah gue pelajari pd saat invew, gue putusin kabur pada saat itu juga, mereka manggil gue, tapi gue gak pake nengok lagi, males lah kalo kita disuruh nyari orang, kita kan butuh kerjaan bukan ngibulin orang.udah gitu, yg tambah bikin ilfil, waktu itu ada kary yang ongkang-ongkang kaki, kek gak da kerjaan gt, dan ada yg bawa gayung mandi buat ke toilet..bujug…kaga keren amat..hihihi.
    tapi gue bersykur gak pernah terperangkap sama yang begitu-begitu.
    yg jelas. nih buat newby, jgn terpancing dapat kerjaan yang iming-iming dan gak jelas job desc nya, apalagi gaji, tambah gak jelas.yan paling jelas, kalo elo punya duit cukup (misal elo ditawarin ngikut forex), elo pake aja buat jualan bubur. ketahuan bisnis sendiri..hehe, promo untuk bisnis sendiri, bukan buat mereka ya gak…

  13. Nisa_icha
    April 13, 2010 pukul 6:55 pm

    wahhhhhhh….gw bru aja di telp bwt interview bsk di PT Milenium Penata Group, slipi wisma 76 sama PT Trijaya Pratama di Gedung BEJ Tower 2 lntai 25,,bnr ga seh itu perusahaan berbau futures,,klo iya gw ga mw dteng coz buang2 wktu dan takut tertipu dengan posisi yg dijanjikan, ternyata ujung2’y marketing lg..Ksh tw gw dong!!!

  14. Mei 11, 2010 pukul 11:32 am

    Nice info…mungkin dipelajari dulu….

  15. suwandi
    Mei 14, 2010 pukul 6:29 pm

    Terima kasih atas informasinya tentang futures, krn besuk senin saya dapat panggilan untuk interview, mknya setelah membaca semua informasi ini sy jd ada pencerahan. Sekali lg terima kasih atas informasinya ya.

  16. Dendy
    Mei 29, 2010 pukul 11:34 am

    Y nich bsk sy mo interview di PT. Milenium Penata,,klo gt cara’a w ga datang ach….lgian w jauh2 dari bogor…thx informasi’a brow…

  17. Juni 22, 2010 pukul 9:59 am

    postingan yang OK,,
    setelah membaca satu persatu comment” diatas, cukup membuka wawasan saya tentang pialang berjangka ini.

    betul apa yng d katakan oleh mas yohan, jika memang sdh terlambat mendaftar dan ikut bergabung didalamnya, tinggal bagaimana caranya memasang strategi agar tak melakukan penipuan dan menjelaskan kpd calon investor ttg kerugian”nya. tetap perhatikan sisi moralnya. dan bermain jujur.

    salam kenal, hasni informatika IPB..

  18. sherlanova
    Juli 12, 2010 pukul 10:51 am

    Aaaargh!
    Ketipu!
    Kemarin apply buat PT SEMI yang katanya
    bergerak di bidang transportasi (katanya
    perlu staff HR Development)! Ternyata
    pagi ini ditelpon sama mbak2 dari PT
    Asia Kapitalindo…
    Apaan itu? Gak ngerasa pernah apply ke sana,
    pas dicek ternyata…oh ternyata…
    Thanks for the info…

  19. Dodol
    Agustus 24, 2010 pukul 9:31 pm

    Thanks atas infonya ternyata besok Gw ngga jadi dah pergi ke PT Millenium Faneta Pikiran saya jadi lebih cerah ….

  20. endang
    Oktober 29, 2010 pukul 3:16 pm

    saya udah traning,tujuannya hanya pengin tahu apa sih sebenarnya itu trading di index. Emang saya jadi tambah pengalaman, ga rugi lah. Ujung2 nya emang disuruh cari nasabah. Saya katakan tidak mau, saya tidak bisa jualan. Mereka bilang ya ga pa2. Tapi pakai pesan kalau tertarik, invest aja disini. Ah aku pikir menarik juga kayaknya menggiurkan. Sampai pada saatnya aku mencari tahu gimana kalau mai inves beneran. Pada hari itu terjadilah ribut2 di kantor pialang itu (aku ga usah sebut ya kantornya, di daerah sudirman, jakarta) 3 orang investor yang nota bene wanita semuanya, marah2, menuntut uang mereka minta dikembalikan karena loss dalam sekejab.Padahal uang itu adalah tabungan mereka bertahun-tahun. Wah-wah aku beruntung uangku belum ku setorkan yang katanya segregeted occount itu. Tuhan menyelamatkan aku dan uangku lewat peristiwa itu. Kasihan para korman itu. Mudah2 an aku ga tergoda lagi untuk invest. Jadi bener kata mas yang dia atas tadi, mendingan kalau punya uang buat jualan pecel atau apa saja yang riel. Thanks banget atas tulisannya.

  21. ellen
    November 13, 2010 pukul 10:36 am

    apa sama investasi berjangka dgn investasi emas? akhir2 ini sy hmpr tiap hari di tlp u/ bertemu, katanya cukup 15 menit aja u/ presentasikan bisnis investasi emas.

  22. nia
    Januari 9, 2011 pukul 11:01 am

    bener ga sie PT ASKAP PENIPU……????????

  23. April 2, 2011 pukul 2:51 am

    hahaha, kayaknya ni yang nulis pernah jadi korban mpe sakit hati, gwe kerja di pialang oke2 aja tuh, cz resmi gak tau kalo yang gak resmi tiap gwe d kantor liat running harganya trz tak cocokin sama market dunia juga sama, so apa yang salah??????

  24. herydeprio
    April 8, 2011 pukul 4:08 am

    Ini as lesson learnt sharing yang sangat baik. semoga terhindar financial loss dari duit rakyat RI oleh pihak yang nggak bertanggung jawab.

  25. asg
    Juli 26, 2011 pukul 8:26 pm

    wadhuuuh…nyaris jd korban berikutnya….thxs….

  26. toyir
    Agustus 4, 2011 pukul 1:50 pm

    @mellisa: songong bgt loeee?????????? emank pendidikan s2 loe bisa jamin apa???? untuk apa S2 klo gk pnya pngalaman????? S2 tu jmn skrng bnyk yg jd tukang becak dan buruh cuci,, jgn2 elo tukang becaknya????? makanya jd orang jgn sok!!!!!!!!!!!! ntah puN S2 MU BELI,!!!!!!!!! ES TELER AJA BISA DI BELI!!!!!! SELO KAU!!!!!!!

  27. dee
    November 16, 2011 pukul 8:00 pm

    hati-hati benerr… aku kejadian bener uang 100juta habis dalam waktu 2 minggu saja sejak dana di transaksikan oleh wakil pialang dan team nya yang kurang kompeten. intinya jangan terlalu percaya sama mereka.

  28. Ana
    November 24, 2011 pukul 1:57 pm

    sdh 2 x sy d pnggl dr pt gold berjgk dn pt askap,,,,t’yt sm2 g bnr,,,g halal,,,,bkn’y bntuin masy mlh ngejerumusin,,,,mksh info’y all,,,,

  29. bara
    Desember 4, 2011 pukul 2:48 am

    ada benernya ada nggaknya juga sih gan..buktinya keluarga saya menginvestasikan dana ke pt milenium penata futures dah 2 taon profit tepat waktu dan lancar di bayarkan. 4oo juta dana tersimpan..meskipun kami investor pasif, dan mereka masih buktikan kepercayaan mereka. tips aja> check wakil pialangnya di bapeti,izin wakil pialang,baca sertifikat agreementnya, karena wakil pialang pt ini tidaklah satu orang. jadi harus teliti. thankz tuk info anda gan..salam sukses dunia investasi.

  30. Desember 27, 2011 pukul 3:46 pm

    gue uda 2bulan kerja di dunia ini .
    semua nya itu ga selalu salah dari perusahaan.
    tapi tergantung dari trader (orang yang mentransaksikan).
    yang bersangkutan serakah atau main dengan safty.
    toh gue sebagai trader sebelum bertransaksi gue juga harus memberi informasi kepada nasabah.
    gue ga mao lah kalo nasabah itu loss,
    orang itu duit” dia.
    disitu kan juga ada aggrement nya.
    ada hitam diatas putih.
    thx bro infonya😀

  31. Ollson Supono
    Januari 23, 2012 pukul 4:31 pm

    untuk bro Yohan Naftali: kenapa gara2 1-2 kasus perusahaan futures, anda terkesan memukul rata bahwa semua perusahaan futures lagaknya seperti sarang penyamun? mau bisnis/investasi apapun manapun siapapun, yang namanya risiko kan pasti ada? menurut saya, kejadian/kasus2 yang menimpa nasabah terjadi karena segelintir orang di perusahaan futures yang bersangkutan, BUKAN berarti semua perusahaan futures seperti yang anda tuliskan, anda sebagai insan intelektual harusnya lebih memahami hal seperti ini, berpikir secara luas dan bukan menuruti emosi semata. Saya tidak bermaksud untuk melawan artikel anda, tetapi mengajak untuk berpikir lebih jernih. Memang benar ada pepatah, karena nila setitik rusak susu sebelanga, tapi saya sekali lagi mengajak anda untuk berpikir lebih jernih. Terima Kasih🙂

  32. Eko
    Februari 15, 2012 pukul 10:39 am

    Mohon Infonya…
    Saya mau Invest 50 jt di Millenium Penata Futurres…
    sebelumnya saya main kecil2an 100 – 200 USD di EasyForex dan profit sampai 500 USD dan sudah saya WD 300 USD
    Saya ingin main yang agak besar , melihat info dari Yohan…
    apa yang harus saya perhatikan….
    Krena saya berpikir Trading saya lakukan sendiri…dan tidak tau kalo trading dgn MT4 bisa juga diakali oleh mereka
    Terimakasih

    Semoga amal bapak…dapat balasan yg baik untuk bapak dan keluarga (Amin)

  33. Supandi Sugeha
    April 6, 2012 pukul 3:24 pm

    wahh nice info pak.. kebetulan saya kerja di victory bagian dealing,,
    membaca tulisan bapa, makin bertanya – tanya saya.. ^_^, tapi klw yang d manado saya yakin main jujur karena saya yang membuat data new count nasabah..

  34. dari korban baru nasabah pt kontak perkasa futures di tahun 2012
    April 19, 2012 pukul 10:32 pm

    saya juga jadi korban.masukin dana ke PT.KONTAK PERKASA FUTURES YOGYAKARTA dalam waktu 1bulanan masuk 23 peb’12 masukan dana total 107 juta, krn loss …losss terus,sy ambil sisanya tinggal $500 an tgl20 apr’12. pertama profit cuma dikit, besoknya langsung loss…losss… dengan berbagai alasan katanya harga diluar perkiraanlah/ inilah..itulah…bullseet.saya sudah percaya ,tp mereka mencabik-cabik semua kepercayaan saya.saya lindung nilai tapi kok nasibnya sama seperti yang spekulasi tanpa berpikir dulu sbelum transaksi. mereka gak punya hati, yang ad dlm otaknya cuma komisi…komisi…komisi… tapi caranya ngabisin uang nasabah, ampun…ampu… kapok aku.kok bisa aku sebodoh ini.gak ngira aku sampai terperosok sedalam ini, padahal ini cuma satu satunya dana pendidikan anak saya nanti.tidak kusangka mereka tega seperti itu.pantes PT.KONTAK PERKASA FUTURES bisa membeli kantor n cabang dimana-mana. n kantorny di REAL ESTATE dengan mudahnya. karyawan ny Hanya makan uang nasabah bisa beli mobil mewah, IPOD TABLET,DLL..Hati-hati sama orang yang nawarin bisnis trading emas bla..bla… pakaian elit berdasi seperti ORANG KAYA BARU, padahal cuma karyawan biasa yang kejar TARGET.bener2 tidak bisa menjaga dana nasabahny.amit-amit …jangan sampai dua kali.aku klo minta ganti rugi sama siapaaaaa??????pusing aku bsa gila klo semua bisnis seperti ini.liciiiikkkk…..aku doakan PT itu cepat ditutup saja.alias bangkruttt……amin

    Comment by dari korban baru nasabah pt kontak perkasa futures di tahun 2012— 19 April 2012 #
    kembalikan uangku…!!!!!!, mereka senang2 diatas kesusahan/ penderitaan nasabahnya
    jangan mau tanda tangan di atas materai di surat perjanjian nanti ada apa-apa nya yang rugi dirimu sendiri.summpahhh…………….aku gak bohong.

    Comment by dari korban baru nasabah pt kontak perkasa futures di tahun 2012— 19 April 2012 #

  35. candrak
    Mei 8, 2012 pukul 11:30 am

    KALO SAYA SIH ,KALO BANYAK MERUGIKAN ORANG LAIN,,KENAPA TAMBAH BANYAK PERUSAHAAN SEPERTI INI? KNAPA DI NEGARA2 MAJU MEREKA LEBIH MENGERTI FUTURES?? KNAPA GA DI DEMO AJA SAMA PEMILIK DANA,,YAAH BIASA KALO RUGI TERIAK TERIAK KALO UNTUNG DIEM-DIEM.

  36. Juli 28, 2012 pukul 11:59 am

    waduh thanks banget buat yang share pengalamannya di sini ane baru hari jumat di telp senin ini ada interview di pt.milenium di slipi ane juga kurang yakin pas dia telp sama dia soalnya dari suaranya kg yakin buat kerja ane srching eh ketemu situs ini malah kaga yakin lagi thanks banget ya buat yang berbagi pengalamanya

  37. Agustus 18, 2012 pukul 3:45 pm

    aduh, dari dulu sampai sekarang perusahan future di indonesia memang udah gx jelas. makanya di mata masyarakat indonesia program investasi itu semuanya penipuan. padahal tidak seperti itu, di luar indonesia masih banyak perusahaan yang jujur, dan satu saran dari saya jika ingin melakukan investasi mending lakukan di luar indoneisa. seperti melakukan investasi di program PAMM, yang mana tradernya memang profesional dan kita bisa lihat history dari PAMM manager tersebut. selain history keamanan juga terjaga karena uang terpisah dengan managers pamm, beda banget ama perusahan future indonesia yang trader nya rangkap jadi marketing juga, weleh weleh, gx pro banget kan.
    untuk info PAMM lebih lengkap bisa di lihat di http://www.ap-fx.com yang merupakan perwakilan dari broker2 besar di mata international.
    buat apa invest ke hal yang gx jlas??

  38. korbanfutures
    November 7, 2012 pukul 10:30 pm

    Saya baru membaca blog ini setelah (baru saja) mengalami kerugian besar di gold trading. Mungkin pak Yohan bisa kasih saran bgmn sy bisa menuntut trader sy? Benarkah trader sy wajib memiliki ijin Wakil Pialang Berjangka? Di pasal brp UU 32/1997 hal tsb dinyatakan? soalnya wkt sy tanyakan, dia bilang memakai WPB atasannya. Apkh itu dibenarkan? Mohon bantuan pak Yohan. Sy sdg putus asa.

  1. April 8, 2011 pukul 4:30 am

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: